Jun 21, 2013

it's hard to get SIM A

okay , minggu lalu kakak saya ajak untuk urus pembuatan SIM A dibekasi, sekitar jam 9 kita berangkat dirumah. Sebenernya berpikir klo sampai sana ada shortcut (you-know-lah) tp ternyata sekarang tidak ada (atau menunggu moment tentu).

beberapa hal yang perlu diperhatikan;

first of all, kita harus fotocopy ktp kita, min. 5 , krn setiap sesi nti akan banyak memberi fotocopy ktp.
lalu kita akan tes kesehatan (put ur hands up) karena lumayan antre disini, sampai saya tinggal buat makan dl, disini kita kasih 2 fc ktp, untuk tes kesehatan ini kita perlu bayar Rp. 25.000. petugasnya gak byk jd kita kudu sabar , cari cemilan dan minuman isotonik.

after that, kita akan menuju ke biro pembayaran, disitu kita akan membayar 120.000 + 30.000 (asuransi) lalu ke loket 1, eh iya jgn lupa dari rumah kita bawa pulpen karena kita akan mengisi form yg diberikan petugas. pengisiannya tidak terlalu rumit bagi saya.

setelah menyerahkan form tersebut , kita berlanjut ke ujian teori. disini disediakan 30 soal, yg perlu diisi selama 30 menit. katanya kakak saya yg akhirnya hanya mengantar, diperlukan 18 point yg benar, untuk dapat lulus ujian teori, bila sudah selesai mengerjakan secara real time petugas akan mengecek nilai kita , disitu langsung ketauan kita lulus atau tidak.

ujian praktek berlanjut, disini kita mendaftar dahulu di sebelah indomaret disitu ada mas2-yg-menunggu-formulir, lalu kita isi2 setelah itu balik kembali ke lokasi uji nyali / ujian prakter yg lokasinya di belakang tempat kita test kesehatan. entah kenapa jadi bolak balik gini kedepan kebelakang, jd membuang kalori yg banyak, ya itung2 olah raga.

uji prakteknya olala ternyata gak semudah dikira, wkt itu berbarengan dengan bapak2 (sekitar 85%) dan mereka sudah memakan asam manis merica dunia nyetir mobil, bahkan diantaranya sering pergi keluar kota. Mereka sudah pernah punya SIM A , namun karena sudah kadarluwarsa dan mati , akhirnya mereka diharuskan uji praktek, and guess what byk diantaranya faild.

disini kita harus mengemudi pada posisi jalan tusuk sate ( T ) , disitu kita akan disuruh maju ke kanan lalu mundur ke posisi awal dan sebaliknya ke kiri jg. tantangannya adalah selain krn pembatasnya yg mefet mefet, selain itu kita tidak boleh melihat keluar jendela saat mundur, tidak boleh maju , tidak boleh memutar setir baru jalan , jd benar2 mundur dan  langsung pas .

Ya semoga skill saya akan membaik seiring latihan yg intens yaa.. seminggu sekali ..




"To find us, you must be good; to catch us, you must be fast; to beat us, you
must be kidding."

No comments:

Post a Comment