Aug 21, 2015

Dari buku Creative Junkies Part one

Dari buku Creative Junkies by Yoris Sebastian

Creativity is a Habit , not genetic

Seorang akuntan, Bila jarang mengunakan otak kanannya dia akan sulit maju. Terbatas hanya komputer dan angka-angka. Dia akan sulit mengembang kan suatu prosedur baru yang akan membuat pekerjannya lebih mudah dan lebih baik. Begitu juga dengan seorang seniman, Bila tidak mengunakan otak kirinya hanya akan menghasilkan karya idealis. Dia menjadi tidak menyerap dan menganalisa teknik , prosedur dan inovasi dari karya-karya seniman lainnya sehingga karyanya tidak kompetitif.

Tanpa kreativitas, kita tidak mempunyai nilai tambah yang membuat lebih maju.

Penting untuk memahami bahwa sebuah kreativitas harus bisa dijual. Dijual bila ada demand. Untuk menjual suatu karya kreatif kita harus melihat dulu seberapa besar kebutuhan masyarakat akan karya kita. Sebuah ide dan kreativitas menjadi sangat mahal bila ada demand atau pemintaan yang kuat.

Ketika seseorang menjadikan kreativitas sebagai suatu kebiasaan/ membiasakan diri menjadi kreatif, ia akan menjadi pribadi yang kreatif. Lakukan berpikir kreatif dalam melakukan hal-hal sederhana.

Dont just be different, be different by reason.

kreativitas tidak melulu dihasilkan dari ide yang sulit. Ide yang sederhana jsutru lebih efektif. bila kita terbiasa mengembangkan creative habit dalam keseharian , ide-ide sederhana dan efektif akan lebih sering muncul. Dan bisa jadi , ide-ide kecil yang muncul memiliki nilai jual yang tidak terduga. Lakukan dalam sebulan agar menjadi kebiasaan.

Otak manusia seperti karet, bila dijelali dengan hal yang rutin dia tidak berkembang. Tapi bila otak dimasuki hal-hal yang baru dan memerlukan daya imajinasi dan kreatifitas maka otak akan terasah secara optimal.

Bila "berbeda" sudah menjadi kebiasaan, perlahan kita akan menemukan cara sendiri untuk kreatif.

Normal is not good . Jangan takut untuk berbeda, lakukan diferensiasi.

Knowledge makes you powerfull

Ada banyak cara untuk menambahkan pengetahuan yang akan menunjang kreativitas. Such as membaca buku, menonton film, bermain game, mendengakan musik dll.

Memilih bacaan dari sekian banyak pilihan [tips]

1) lihat apa manfaatnya. Jangan membaca sesuatu yang kita sendiri tidak yakin apa kegunaannya.
2) Mulai dari bagian menarik. Mulailah dari bagian yang menarik minat.
3) Lihat sumbernya.
4) Periksa tanggal terbit.
5) Bacalah dengan cepat. Dengan metode skimming & scanning yaitu ambil intinya di bagian awal dan akhir tiap paragraf.

Avoid Me-tooism

Follower yang copycat tidak akan mampu menyamai leader, apalagi mengungulinya.

Lebih baik dikenal sebagai Mr. Wants to know everything daripad Mr. know everything.curiosity menjadi modal utama untuk menjadi kreatif.

Oxymoron , sesuatu yang bertolak belakang dengan apa yang di percayai masyarakat saat ini.Sesuatu yang membuat orang mendengar untuk melirik 2 kali. Sesuatu yang mengusik rasa penasaran dan mengoda untuk membeli ide kreatif.




No comments:

Post a Comment