Dari buku
Creative Junkies by Yoris Sebastian
Creativity
is a Habit , not genetic
Seorang
akuntan, Bila jarang mengunakan otak kanannya dia akan sulit
maju. Terbatas hanya komputer dan angka-angka. Dia akan sulit mengembang kan suatu prosedur baru
yang akan membuat pekerjannya lebih mudah dan lebih baik. Begitu juga dengan
seorang seniman, Bila tidak mengunakan otak kirinya hanya akan
menghasilkan karya idealis. Dia menjadi tidak menyerap dan menganalisa teknik ,
prosedur dan inovasi dari karya-karya seniman lainnya sehingga karyanya tidak
kompetitif.
Tanpa
kreativitas, kita tidak mempunyai nilai tambah yang membuat lebih maju.
Penting
untuk memahami bahwa sebuah kreativitas harus bisa dijual. Dijual bila ada
demand. Untuk menjual suatu karya kreatif kita harus melihat dulu seberapa
besar kebutuhan masyarakat akan karya kita. Sebuah ide dan kreativitas menjadi
sangat mahal bila ada demand atau pemintaan yang kuat.
Ketika
seseorang menjadikan kreativitas sebagai suatu kebiasaan/ membiasakan diri
menjadi kreatif, ia akan menjadi pribadi yang kreatif. Lakukan berpikir kreatif
dalam melakukan hal-hal sederhana.
Dont
just be different, be different by reason.
kreativitas
tidak melulu dihasilkan dari ide yang sulit. Ide yang sederhana jsutru lebih
efektif. bila kita terbiasa mengembangkan creative habit dalam keseharian ,
ide-ide sederhana dan efektif akan lebih sering muncul. Dan bisa jadi , ide-ide
kecil yang muncul memiliki nilai jual yang tidak terduga. Lakukan dalam sebulan
agar menjadi kebiasaan.
Otak
manusia seperti karet, bila dijelali dengan hal yang rutin dia tidak
berkembang. Tapi bila otak dimasuki hal-hal yang baru dan memerlukan daya
imajinasi dan kreatifitas maka otak akan terasah secara optimal.
Bila
"berbeda" sudah menjadi kebiasaan, perlahan kita akan menemukan cara
sendiri untuk kreatif.
Knowledge
makes you powerfull
Memilih
bacaan dari sekian banyak pilihan [tips]
1) lihat
apa manfaatnya. Jangan membaca sesuatu yang kita sendiri tidak yakin apa
kegunaannya.
2) Mulai
dari bagian menarik. Mulailah dari bagian yang menarik minat.
3) Lihat
sumbernya.
4)
Periksa tanggal terbit.
5)
Bacalah dengan cepat. Dengan metode skimming & scanning yaitu ambil
intinya di bagian awal dan akhir tiap paragraf.
Avoid
Me-tooism
Follower
yang copycat tidak akan mampu menyamai leader, apalagi mengungulinya.
Lebih
baik dikenal sebagai Mr. Wants to know everything daripad Mr. know
everything.curiosity menjadi modal utama untuk menjadi kreatif.
Oxymoron
, sesuatu yang bertolak belakang dengan apa yang di percayai masyarakat saat
ini.Sesuatu yang membuat orang mendengar untuk melirik 2 kali. Sesuatu yang
mengusik rasa penasaran dan mengoda untuk membeli ide kreatif.
No comments:
Post a Comment