Nov 18, 2016

Mencegah penyebab kanker

Wartakesehatan - Penyakit kanker sampai saat ini masih manjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Sebelum terjadi, Anda sebaiknya mencegahnya sejak dini. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menghindari penyebabnya.

Beberapa penyebab kanker ini mungkin akan mengejutkan.

1. Konsumsi gula berlebih
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas MD Anderson Cancer Center, menyatakan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan pertumbuhan tumor. Pada beberapa jenis kanker padat, tumor merupakan asal muasal terjadinya kanker. Berdasarkan saran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dalam satu hari maksimal konsumsi gula hanya sebanyak empat sendok makan.

2. Konsumsi minuman panas
Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Cancer, menemukan bahwa konsumsi minuman panas dapat meningkatkan kanker kerongkongan. Hal tersebut lantaran suhu yang panas dapat mengiritasi kerongkongan. Iritasi yang terjadi berkepanjangan dapat berkembang menjadi kanker.

3. Konsumsi daging olahan
Daging olahan merupakan produk daging yang mengandung banyak garam dan pengawet. Hal tersebut bersifat karsinogen atau penyebab kanker bagi tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh International Agency for Research on Cancer, menemukan bahwa konsumsi daging olahan dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kolorektal.

4. Bekerja di malam hari
Meski perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, beberapa penelitian terdahulu menemukan kaitan antara bekerja shift malam dengan risiko kanker. Bekerja di malam hari dapat menurunkan daya tahan tubuh dan memicu terjadinya peradangan. Hal tersebutlah yang dapat membuat kanker semakin mudah untuk berkembang.

5. Konsumsi suplemen berlebih
Sesuatu yang baik bila dilakukan berlebihan, dapat menyebabkan kerugian. Termasuk pada suplemen, khususnya suplemen diet. Penelitian yang dilakukan oleh the University of Colorado Cancer Center menemukan bahwa konsumsi suplemen tanpa resep dokter secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko kanker.

http://wartakesehatan.com/mobile/68341/5-penyebab-kanker-yang-mungkin-tak-diduga

No comments:

Post a Comment